Hei, heilloow peeps! Ada yang beda dari yang sebelumnya nih gaes. Entah sok ngide dari mana, seorang Nisa yang biasanya “beli jadi aja deh” atau “gofud aja deh” tiba-tiba bikin kue. Ya karena gabut aja sih sebenernya biar “Pak Bos” pas pulang ada camilan dan kebetulan aku suka brownies. Makannya post kali ini aku mau pamer sedikit karena cukup berhasil bikin brownies kukus dalam sekali percobaan. Haha.
Sebuah pengakuan dosa kalau aku tuh sebenernya gak bisa (pake banget) bikin kue. Duh, takeran tepung dan lain-lainnya tuh bikin pusing. Karena aku juga gak paham dengan tata cara serta bahan apa aja yang harus aku masukan supaya bisa jadi brownies. Akhirnya aku beli premiks brownies siap pakai aja tuh. Aku juga minim peralatan, jadi aku cari premiksnya pun yang sederhana aja. Oke! Tanpa lama-lama aku mau kasih tahu prosedurnya dan hasil brownies kuku buatanku ke temen-temen. Scroll ke bawah, yuk!

 Bahan-bahan

Untuk bahan-bahan yang perlu disiapin, yaitu:
  1. Premiks Brownies 1bks. Ada banyak brand yang nyediain adonan brownies siap pakai. Di sini aku pakai NutriCake.
  2. Telur 1pcs
  3. Mentega 100gr dan lelehkan. Aku beli mentega sachetan yang 200gr, kemudian aku bagi dua aja. Untuk melelehkan mentega, aku pakai magic jar.
  4. Air mineral
Jangan lupa siapkan wadah untuk mencampur bahan dan meletakkan adonan brownies.

Cara Buat

Nah, untuk cara buatnya sebenernya ada di balik kemasan si premiks brownies ini. Tapi, untuk lebih detail lagi aku akan jabarkan ya!
1. Campurkan bahan-bahan yang tadi udah disiapin, seperti telur, premiks, air 5sdm, dan mentega leleh. Air yang dimasukin 5 sendok makan aja, inget! Kalau sudah dicampur, aduk sampai gak ada yang menggumpal. Ngaduknya bisa pakai sendok aja, gak pakai mixer juga gak apa-apa.
2. Kalau adonan dirasa sudah oke (tidak menggumpal), masukan ke dalam loyang. Di kemasan sih loyang yang disarankan yang ukurannya 20*10*4. Tapi, aku gak ada loyang jadi aku pakai paper cup yang dialasi alumunium foil cup (yang biasa buat macaroni schotel). Ukuran paper cup yang aku pakai ini yang standar buat cupcake. Adonan tadi bisa jadi 5-6 paper cup, tapi aku jadiin 5 aja. Dimasukinnya jangan terlalu full ya, soalnya kan nanti mengembang.
3. Kalau sudah dimasukan ke wadah, saatnya dikukus. Panaskan kukusan terlebih dahulu, ya kira-kira 20 menit. Setelah itu, masukkan wadah yang berisi adonan tadi. Diamkan selama 30 menit. Selesai!
Setelah jadi dengan hasil yang menurutku oke, jelas ada rasa banggalah. Haha. Ngembangnya bagus dan tekstur browniesnya juga padat. Kalo dari rasa mah ya udah gitu kan adonan jadi dari pabrik jadi ya enak-enak aja. Tapi, kata “pak bos” rasanya terlalu manis. Yaudahlah ya, namanya juga nyoba-nyoba. Hehe. Buat yang mau coba, cus dicoba. Gak butuh effort banyak kok. Waktu pembuatannya juga singkat. Jadi, okelah.
Well, sekian postingan pamer aku kali ini. Semoga tetap bermanfaat ya! Thank you for reading and see you next post!
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry