Bekasi (20/1/20), aku mencoba untuk merasakan layanan pemerintah berupa Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi di Bekasi Trade Center (yang ada cgv). Di sini aku ngurus surat pindah dari Bekasi ke Jakarta (ikut domisili suamik). 

Jarak dari rumah ke ini sebenernya tidak terlalu jauh hanya saja merupakan rute lalin yang padat. Setelah baca-baca review dari gugel aku memutuskan untuk berangkat sekitar jam 6, tapi realitanya jam set 7 juga. Haha. Aku sampe di lokasi jam 7 kurang dan antriannya kira-kira sudah 50 orang.

Yap, mereka rela antri dari pagi karena kuotanya terbatas dan berharap urusannya cepat kelar di sini. Bahkan pas tanya-tanya ada yg udah dateng dari jam 6 dan kalau weekend ada yang lebih pagi. Tak lama aku datang, lampu khusus Mal Pelayanan Publik menyala, tapi tanda-tanda mengambil nomer antrian belum terlihat. Huft. Lalu bagaimana? Aku pun bersama pengunjung lainnya menunggu sampai pengambilan nomer antrian dibuka.

Setelah loket pengambilan nomer antrian dibuka, berikut erikut prosedur yang aku lakukan:

Read more: #NiisapBercerita Bye 2019, Hello 2020

Ambil No. Antrian

Loket pengambilan no antrian dibuka kira-kira set 8. Tapi, kebetulan pas aku loket dibuka jam set 8 kurang 10 menit. Untuk mendapatkan no antrian tinggal sebutkan keperluannya nanti perugas akan menjelaskan. Untuk pengambilan no antrian ini cukup memakan waktu karena petugas hanya ada 2, jadi pastikan kamu sudah siap dengan berkas yang dibutuhkan. Bawa aja semua poto copyan karena di sini minim foto copy. Alhamdulillah aku dapet antrean no 1

Menunggu di Loket Tujuan

Karena aku mau urus surat keterangan pindah aku diarahkan ke loket disdukcapil. Di Disdukcapil ada 4 loket yang melayani, diantaranya loket SKPWNI, loket KK/SKDWNI, Resi E-KTP, dan Akta Kelahiran. Nah, loket ini dibuka pukul 8 jadi setelah dapet no antrean ya sabar lagi aja nunggunya.

Proses Berkas

Karena aku antrean no 1, aku dilayani lebih awal dan untungnya aku mendapatkan petugas yang ga terlalu β€œrese’”. Mungkin karena masih pagi kai ya? Aku tinggal menyiapkan berkas data diinpit dan selesai. Tahap ini tak membutuhkan waktu lama jika kamu sudah menyiapkan berkas yang diperlukan. Tinggal menunggu dipanggil lagi kalau berkasku sudah selesai. 

Dari mendapatkan nomer antrian hingga berkasku selesai di proses kira-kira membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Yap, aku dilayani sekitar pukul 8.07 dan berkasku selesai sekitar pukul 9.40. Menurutku sih tak terlalu lama. Semua tergantung ketika kamu datang untuk mengambil no antrean. 

Kesimpulan:

  1. Pastikan kamu sudah cari informasi sedemikian rupa. Karena beberapa pelayanan seperti skck khusus di btc hanya melayani area bekasi timur dan rawalumbu.
  2. Datang di hari kerja, kalau mau sabtu ya dateng lebih awal.
  3. Siapkan berkas yang mau diurus, fotocopy lebih banyak tak masalah.

Kritik dan saran:

Tanpa mengurangi rasa hormat atau sok pintar, secara keseluruhan berikut kritik dan saran untuk Mal Pelayanan PUblik Kota Bekasi ini:

  1. Suara petugas lebih lantang lagi. Hal ini dikarenakan suara pengunjung yang lebih kencang karena ramai.
  2. Manajemen waktu petugas tolong diperbaiki. Akan lebih baik jika petugas datang 10 atau 15 menit lebih awal untuk sarapan. Jangan datang mepet mau jam 8 lalu sarapan di meja (berhadapan dengan pengunjung) dan jam 8 lewat masih makan. Jujur, kurang enak dilihat. Walaupun lewat 5 sampai 7 menit, tetap waktu bukan?
  3. Kualitas cetakan berkas diperbaiki. Berkas yang saya terima kualitasnya bisa dibilang buruk, putus-putus. Akan lebih baik sebelum memanggil nomer antrian di cek terlebih dahulu device (printer) yang tersedia. DI cek apakah kualitas berkas yang di cetak baik menggunakan kertas bekas , apakah ada kendala dengan tintanya.
  4. SABAR. Tegas boleh tapi jangan pasang wajah jutek. Pengunjung yang datang dari berbagai kalangan. Aku cukup salut dengan petugas di bagian pengambilan nomer antrian, mereka mau menjelaskan detail dengan suara lantang tanpa terlihat “ngegas”.

Buat yg bilang itu sepele, emang ini sepele. Tapi, kalau keseringan jadi kebiasaan kan?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry